Kamis, 11 September 2008

Dua Belas Langkah Menjadi Jutawan

Apa resolusi tahun baru Anda? Majalah Men’s Health edisi cetak Januari 2006 menantang Anda dengan dua belas langkah untuk menjadi seorang jutawan (£1 juta) dalam dua belas bulan mendatang. Majalah tersebut bahkan menjelaskan langkah-langkah step-by-step untuk mewujudkan resolusi tersebut menjadi kenyataan.

Skenario yang ditawarkan majalah tersebut dimulai dari bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember. Adapun metode yang ditawarkan cukup realistis, meskipun tidak semuanya bisa diadaptasi secara langsung di sini. Akan tetapi, dengan kombinasi antara faktor luck, opportunism, riset yang baik, some very big punts, plus sedikit modifikasi, rasanya cukup layak untuk dicoba. Dan secara ringkas, berikut kira-kira langkah-langkah yang direkomendasikan oleh Men’s Health.

Pertama, kita bisa memulainya dari rumah. Di rumah, kita punya banyak barang-barang yang mungkin tidak lagi berguna dan memiliki nilai tambah buat kita. Misalnya perabot rumah, asesoris, lukisan, barang antik, memorabilia, sampai perangkat elektronik yang uzur. Selain itu, koran/majalah bekas, botol, kardus, ember, dan barang-barang lain mungkin bisa dijual. Untuk barang-barang yang masih dirasa “valuable“, bisa dijual via kolektor atau listing di eBay. Sementara barang-barang yang benar-benar kurang berguna bisa dioper ke tukang loak. Dari penjualan item-item tersebut kita berasumsi bisa mendapatkan sekitar £200.

Selanjutnya, Men’s Health menyarankan untuk memasukkan uang tersebut ke arena pacuan kuda dengan pertaruhan 4-1 (tentu saja saya tidak menyarankan cara ini). Sementara risiko kerugian dapat dieliminasi dengan riset informasi yang tepat, mencari rekomendasi yang jitu, atau berlangganan pada Racing Information Database (RID). Men’s Health mengasumsikan, dari langkah-langkah yang telah ditempuh, kita sudah memperoleh sekitar £1.000.

Pada bulan ketiga, kita bisa memasukkan apa yang sudah kita peroleh dengan membeli saham-saham perusahaan teknologi tinggi, seperti Apple atau Dell. Kedua saham tersebut mempunyai pertumbuhan keuntungan sebesar 40%. Ditambah perkembangan dan kebutuhan akan komunikasi 3G, sektor teknologi tinggi masih sangat prospektif. Hingga bulan ketiga, Men’s Health mengasumsikan kita telah mengakumulasikan kekayaan sebesar £3.000.

Dari £3.000 tersebut, kita bisa melakukan cornering yang berisiko tinggi. Diharapkan, dari aksi ini kita bisa melipatgandakan uang kita sampai £12.000. Kendati cukup berisiko, metode ini sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya membeli opsi dan “bertaruh” pada saham-saham yang menurut kita akan naik (atau turun) selama periode tertentu. Dari spread tersebut, kita bisa memperoleh keuntungan (sekaligus kerugian) yang cukup lumayan.

Di bulan Mei, Men’s Health menyarankan kita untuk membeli komoditi seperti minyak, kayu, daging, bijih besi, dan sebagainya. Langkah ini didasarkan pada analisis akan kenaikan harga komoditi yang terus terjadi, termasuk fluktuasi harga minyak dan komoditi penting lainnya, kebutuhan komoditi yang cukup besar dari Cina, pengaruh Badai Katrina dan Badai Rita, serta ancaman terorisme di Timur Tengah.

Hingga saat ini, kita mengasumsikan telah berhasil mengumpulkan dana hingga £15.000. Inilah saatnya untuk mulai melakukan riset dan berburu properti yang layak untuk dibeli, direnovasi, untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih baik. Men’s Health merekomendasikan rumah sederhana dengan 4 kamar tidur pada lokasi yang berkembang sebagai target operasi. Diharapkan, kita bisa meraih keuntungan sampai £25.000 dari langkah ini.

Pada bulan Juli, kita masih bermain dengan properti. Bedanya, kita melakukan negosiasi ulang untuk mendapatkan properti lain yang lebih besar melalui short lease atau lelang. Dari properti yang kita dapatkan tersebut, kita bisa memperpanjang leasing dan meningkatkan nilai properti tersebut dengan melakukan modifikasi atau renovasi. Dari langkah ini, kita menargetkan bisa memperoleh dana hingga £40.000.

Di bulan Agustus, kita tidak punya sepeser uang lagi, kecuali sebuah properti seharga sekitar £340.000 dengan equity sebesar £40.000 yang semula kita miliki plus pinjaman £150.000 dan sisanya dalam bentuk hipotek. Men’s Health mewanti-wanti agar kita memastikan agar properti yang kita miliki tersebut memiliki rental value yang cukup bagus andaikata kita kesulitan untuk menjualnya di kemudian hari.

Pada bulan September, Men’s Health menyarankan kita untuk memecah properti yang kita miliki menjadi dua atau tiga flat yang berbeda. Asumsikan tiap flat bisa terjual sebesar £150.000, kita bisa memperoleh keuntungan sekitar £300.000 setelah dipotong biaya-biaya dan pajak. Tentu saja penjualan flat tersebut tidak harus menunggu selesainya proses renovasi atau modifikasi. Kuncinya? Tentu saja melalui negosiasi dengan broker maupun dengan (calon) pembeli.

Bulan Oktober hingga Desember merupakan waktu-waktu tersibuk yang paling krusial. Men’s Health menyarankan kita untuk membelanjakan £300.000 pada area properti yang prospektif untuk dikembangkan. Untuk membiayai pembelian properti maupun pengembangannya, bisa menggunakan hipotek dan commercial loan. Dari area yang kita miliki, bisa dikembangkan menjadi setidaknya 12 flat kelas lux yang bisa dijual masing-masing senilai £160.000, bergantung pada lokasi yang kita miliki. Setelah dikurangi dengan biaya, pajak, komisi, dan seterusnya, kita bisa memperoleh keuntungan sebesar £1.000.000.

Sekalipun terdengar mudah, langkah-langkah tersebut memang agak sulit untuk diterapkan. Walau demikian, peluang dan kemungkinan itu tetap saja ada, sepanjang kita berani untuk bertindak, bekerja keras, melakukan persiapan yang matang, serta dukungan faktor luck yang menyertai. Mungkin tidak bisa benar-benar dijiplak 100%, tapi tidak ada salahnya untuk ditiru dan dicoba, bukan?


http://nofieiman.com/2006/01/dua-belas-langkah-menjadi-jutawan/

Tidak ada komentar: